Jangan Memulai Dengan: “Nama Saya…..”

Jangan Memulai Dengan: “Nama Saya…..”

Jenny Foss seorang perekrut dan strategi karir, melihat ini “sindrom mengerikan memulai dengan awalan yang sama dengan hampir semua surat lamaran. Bahkan, sebagian besar surat pengantar yang saya tinjau mengerikan. Mereka terlalu dibuat-buat, generik, atau benar-benar berlebihan karena redundant (sama dengan yang lain). Pencari kerja bercerita lebih banyak tentang apa yang mereka inginkan daripada apa yang dapat dilakukannya untuk posisi dan perusahaan yang dilamar.”

Tip: membuat surat lamaran itu seperti sebuah percakapan, mudah diingat, dan langsung relevan dengan posisi itu. Tambahkan hal yang kuat yang mengarah ke percakapan (seperti Anda bercakap-cakap), dan kemudian mengirimkannya ke kontak yang benar dan lengkap (nama, title, dan jabatan). Dengan demikian Anda memposisikan diri beberapa langkah di depan pesaing-pesaing Anda. Faktanya, sebagian besar pesaing Anda menulis surat pengantar seperti pecundang yang membuat pembacanya ngeri, membuat malas untuk menindaklanjuti, bahkan (dalam kasus yang ekstrim) langsung membuangnya ke tempat sampah.

Lalu bagaimana memulai sebuah Cover Letter (CL)? Janganlah memulai dengan kata seperti “Nama saya [Nama Anda]……..”. Kecuali Anda adalah orang terkenal, nama Anda bukanlah bagian informasi yang paling relevan sebagai permulaan. Apalagi bila nama Anda sudah ada di Curruculumm Vitae (CV) Anda, tanda tangan di Cover Letter (CL), dan di bagian lainnya dari surat lamaran Anda.

Mulailah dengan kualifikasi yang relevan sebagai cara untuk memperkenalkan diri Anda. Bila Anda adalah seseorang yang baru saja lulus dari universitas dengan minat pada kegiatan lingkungan, maka fokuskan pada hal tersebut. Atau mungkin Anda adalah seorang profesional pemasaran atau penjualan dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang industri makanan dan minuman, maka perkenalkan diri Anda seperti itu dan kaitkan dengan posisi yang Anda sedang lamar.

Yang paling utama dan menarik jika surat lamaran Anda ini dikemas dalam sebuah percakapan yang mengarah pada skill utama Anda yang relevan dengan persyaratan posisi ini.

Jika Anda masih belum paham dan perlu mendapatkan contoh-contoh, saya bahas lengkap dan tuntas di buku 3 Langkah Sukses Dipanggil Wawancara Kerja.

Buku ini memberikan informasi terpercaya mengenai bagaimana membuat surat lamaran yang efektif, yang mampu mendorong penyeleksi untuk memanggil anda interview. Untuk mendapatkan buku ini, anda bisa klik gambar di atas atau klik disiniOleh karena itu teruslah membaca buku ini sampai selesai. Karena semua yang Anda butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda ada di buku ini.

Selamat Berkarya, Semoga Sukses Selalu Menyertai Anda.

Ayo Kerja!!!

 

Salam Kerja,

Ir. Ery Prasetyawan, PMP, SICPM, Mpar

Penulis Buku: 3 Langkah Sukses Dipanggil Wawancara Kerja

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: