Mengapa Menulis Cover Letter Dengan Benar Sangat Penting?

Mengapa Menulis Cover Letter Dengan Benar Sangat Penting?

Alasan utama karena Cover Letter (CL) menjadi kesempatan bagi manajer perekrutan untuk memahami siapa Anda dan apa yang dapat Anda lakukan bagi perusahaan mereka, maka doronglah pembaca CL Anda untuk melihat pada Curruculumm Vitae (CV) Anda. Ingat bahwa penampilan juga diperhitungkan maka buatlah Cover Letter (CL) dengan font atau huruf yang sederhana, gunakan jeda paragraf yang tepat dan mudah untuk dibaca. Kesan yang tepat akan memungkinkan bagi Anda untuk berpindah ke proses perekrutan. Kesalahan huruf dan ejaan merupakan hal yang fatal dalam menulis cover letter yang benar.

Apakah hal ini pernah terjadi pada diri Anda?

Ketika para manajer yang sedang merekrut pekerjaan memposting lowongan, seringkali mereka mendapatkan terlalu banyak aplikasi dibandingkan apa yang mereka bisa tangani. Mereka ingin menemukan jarum diantara tumpukan jerami yaitu orang yang tepat untuk pekerjaan-pekerjaan yang dimaksud, tetapi akan menjadi melelahkan untuk menjelajahi bertumpuk surat lamaran. Maka jika Anda menulis surat lamaran yang salah huruf dan ejaan, bisa jadi itu hal pertama yang mendiskualifikasi Anda.

Para manajer yang sedang merekrut karyawan mencari hal-hal untuk memilah pelamar yang kecil kemungkinannya berhasil di pekerjaan tersebut. Mereka juga ingin agar proses perekrutan selesai sesegera mungkin, khususnya bila posisi yang dimaksud kosong untuk beberapa waktu.

Jangan jadikan Cover Letter Anda sebagai salah satu dari sekian surat lamaran yang dibuang ketempat sampah dengan segera. Hindarilah kesalahan yang umumnya ada pada surat lamaran pekerjaan yang akan menjadikan surat lamaran Anda masuk ke tong sampah sebelum manajer yang merekrut pekerjaan bersikap serius dalam menyatukan daftar para finalis.

Banyak orang yang tidak suka menulis Cover Letter (CL). Dan mengingat akan betapa sulitnya menulis Cover Letter (CL) yang baik, maka dapat dipahami bahwa orang cenderung membuatnya pada menit-menit terakhir (atau memperbaharui surat yang dibuat bulan lalu), kemudian melampirkan pada Curruculumm Vitae (CV) dan menganggapnya sebagai sebuah surat yang baik.

Hal di atas sebenarnya merupakan kesalahan terbesar dalam pembuatan Cover Letter (CL) yang pernah Anda buat. Dalam kenyataannya, dokumen ini menjadi kesempatan terbaik bagi Anda untuk memberikan gambaran secara singkat kepada manajer perekrutan tentang siapa Anda, apa yang Anda bawa ke meja kerjanya, dan mengapa Anda – dibandingkan calon lainnya – lebih cocok untuk pekerjaan tersebut.

Janganlah menyerah dalam membagikan kualifikasi Anda yang terbaik, secara jelas, segar dan unik. Pelajarilah cara-cara menulis Cover Letter Yang Benar dan Memikat Pembacanya dalam 5 menit.

Jika Anda kesulitan membuat Cover Letter dan ingin CV anda berkualitas, anda bisa pelajari dari buku 3 Langkah Sukses Dipanggil Wawancara Kerja

Buku ini memberikan informasi terpercaya mengenai bagaimana membuat surat lamaran yang efektif, yang mampu mendorong penyeleksi untuk memanggil anda interview. Untuk mendapatkan buku ini, anda bisa klik gambar di atas atau klik disini

Selamat Berkarya, Semoga Sukses Selalu Menyertai Anda.

Ayo Kerja!!!

 

Salam Kerja,

Ir. Ery Prasetyawan, PMP, SICPM, Mpar

Official Partner JobsDB.com

Penulis Buku: 3 Langkah Sukses Dipanggil Wawancara Kerja

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: