Surat Lamaran 5 Detik Killer

Surat Lamaran 5 Detik Killer

Sukses Anda akan berawal di sini. Langkah pertama untuk melamar pekerjaan adalah menulis surat lamaran. Surat lamaran merupakan pintu gerbang utama penyeleksi mengetahui siapa Anda. Apakah Anda adalah orang yang mereka cari? Tujuan utama menuliskan surat lamaran adalah mengkomunikasikan bahwa Anda adalah kandidat yang paling cocok untuk posisi ini. Juga sebagai bukti bahwa Anda dapat berkomunikasi secara tertulis dengan baik serta memiliki kualitas yang Anda butuhkan untuk sukses di posisi ini.

Pastikan surat lamaran Anda tidak berakhir ditempat sampah setelah pertama kali dibaca penyeleksi. Karena surat lamaran yang masuk biasanya mencapai ratusan bahkan ribuan surat lamaran, maka setiap penyeleksi hanya akan meluangkan waktu membaca setiap surat lamaran dan mengambil keputusan dalam waktu kurang lebih 5 detik. Nah kalau demikian, bagaimana cara menuliskan surat lamaran yang dalam waktu kurang dari 5 detik pembacanya terkesan dan memutuskan Anda adalah kandidat yang qaulified?

Jangan pernah Mengirimkan sebuah Cover Letter (CL) dengan ada kesalahan didalamnya. Sekalipun hanya kesalahan ejaan bahasa. Buatlah surat lamaran Anda spesifik dan costomize. Kemukakan fakta yang akurat. Berikan contoh konkrit. Menggunakan kata sambutan yang ketinggalan zaman. Tahanlah untuk menggunakan istilah istilah seperti “Dear Sir atau Dear Madam” bila Anda tidak mengetahui nama dari kontak person. Trus bagaimana baiknya?
Cover Letter (CL) yang terlalu singkat. Memberikan Cover Letter (CL) yang terlalu singkat akan memberikan sinyal yang salah kepada manajer perekrutan tentang etika kerja atau tingkat minat Anda dalam pekerjaan yang dimaksud. Cover Letter (CL) yang terlalu panjang. Sebuah surat yang terlalu panjang akan membebani si pembaca. Idealnya untuk 3 sampai 5 paragraf tidak lebih dari 6 baris untuk setiap paragraf. Maksimal 1 lembar kertas A4.

Menyertakan terlalu banyak informasi. Ada beberapa informasi yang tidak perlu Anda masukkan dalam Cover Letter (CL) Anda. Ekspresikan entusiasme yang tulus untuk pekerjaan tersebut sehingga manajer perekrutan tahu bahwa Anda sangat termotivasi untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Nah sekarang Anda sudah tahu kriteria-kriterianya bukan? Jangan ambil resiko gagal dari awal. Tulislah surat lamaran yang benar dan menarik seperti kriteria di atas. Ingat !!!! Surat lamaran adalah kunci awal kesuksesan Anda.

Anda tidak ingin gagal bukan?!!!!!

Jangan sepelekan pentingnya ini. Jika tidak ingin surat lamaran Anda berakhir di tempat sampah.
Namun jika Anda masih merasa bingung dan belum yakin seperti apa format dan contoh surat lamaran yang baik. Anda dapat menemukanya lebih lengkap lagi tentang ini di buku 3 Langkah Sukses Dipanggil Wawancara Kerja.

Buku ini memberikan informasi terpercaya mengenai bagaimana membuat surat lamaran yang efektif, yang mampu mendorong penyeleksi untuk memanggil anda interview. Untuk mendapatkan buku ini, anda bisa klik gambar di atas atau klik disini

 

Ir. Ery Prasetyawan, PMP, SICPM, Mpar

Official Partner JobsDB.com
Penulis Buku: 3 Langkah Sukses Dipanggil Wawancara Kerja

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: